Aplikasi tidak dapat dibuka disebabkan pengaturan Screen Resolusi

troubleshooting windows 8 yang tidak dapat menjalankan aplikasiTerkadang kita mengharapkan bahwa tidak ada lagi kesalahan (bug) pada komputer, karena apa yang ada dihadapan kita merupakan produk terbaik dari pengembang software dan hardware tapi sebaliknya bagi para developer.

Pada windows 7 dan windows 8 atau bagian keluarga windows biasanya kita tidak dapat menjalankan aplikasi karena tidak compatible dengan hardware. Anda harus tahu bahwa dalam pembuatan software, wajib melibatkan para pembuat hardware komputer karena software dan hardware harus terintegrasi dalam satu bahasa mesin yang telah disepakati dengan standar internasional.

Nah,bagaimana jika kita menemukan masalah pada windows 7 atau 8 yang tidak dapat membuka aplikasi yang disebabkan karena resolusi layar berada pada 1024×600?, sedangkan kita ingin menjadikan ukuran layar diatas dari 1024×600 yaitu 1024×768 atau lebih. Sebagian orang beranggapan itu mudah karena dapat diatur pada graphic properties.

Timbul permasalahan jika graphic properties 1024×600 yang ada pada komputer telah berada pada posisi high. Ini kadang terjadi pada netbook dan graphic card yang teratur otomatis pada komputer.

Pengaturan Screen Resolusi pada windows 8Pada Artikel ini saya akan memberikan beberapa solusi untuk menyelesaikan masalah pengaturan screen resolusi:

- Update Display adapters

Untuk Update Display adapters atau Video Graphics Array (VGA) dapat download langsung pada website merek produk yang Anda gunakan atau masuk pada device Manager komputer Anda, pilih dan klik kanan Display adapters Anda dan klik Update Driver Software. Ketika kotak dialog Update Driver Software muncul pilih search automatically for updated driver software! Ingat ini berlaku jika Anda terhubung dengan jaringan Internet!

- Setting graphic properties

Jika komputer Anda menggunakan vga card sebaiknya Anda mengaktifkan vga card tersebut dan mengaturnya pada resolusi yang Anda inginkan jangan lupa untuk mengupdate drivernya. Stiker yang tertempel pada komputer dekstop,notebook atau netboook merupakan tanda komputer Anda memiliki vga card.

- Pengaturan Registry Editor
Registry Editor atau yang dikenal dengan regedit sangat mudah untuk mengatur dan membangun ukuran screen resolusi

Cara Detail:
1. Start > Run> Ketik “regedit” > enter
2. Setelah itu buka HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM > CurrentControlSet > Control > Class
3. Kemudian cari dan pilih {4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}
Pada folder 0000 dan folder 0001, pilih dan klik double pada Display1_DownScallingSupported, dan ganti Value data menjadi 1
(Jika tidak ada Anda dapat membuat sendiri dengan cara Klik menu edit pada regedit, pilih New, kemudian pilih DWORD (32bit) Value, buat dengan nama value Display1_DownScallingSupported dan value data=1)
4. Setelah selesai silahkan restart komputer Anda dan kemudian pilih resolusi yang Anda inginkan.

Cara Cepat:
1. Tekan bersamaan logo windows+R ketik regedit
2. Pilih HKEY_LOCAL_MACHINE dan tekan Ctrl+F cari dengan key {4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}
3. Lakukan perubahan yang sama pada folder 0000 dan 0001

Bagaimana jika Anda memiliki kendala dalam hal ini? Atau Komputer Anda Restart ketika membuka aplikasi atau game tertentu seperti Game CS atau Game Sniper Elite 2 atau komputer Dekstop Anda Blank dan restart terus menerus setelah mengganti monitor baru.

Silakan berkomentar mengenai masalah Anda! Admin akan memberikan solusi.

16 Thoughts on “Aplikasi tidak dapat dibuka disebabkan pengaturan Screen Resolusi

  1. Asry on 20 July, 2013 at 5:31 am said:

    Aku Sudah Coba Tapi Pada Saat saya buka aplikasinya kenapa langsung blank yaah ??

  2. Asnadi on 14 August, 2013 at 6:28 pm said:

    Saya tadi instal game stronghold crussader 2 extreme. Trus saya pasang cracknya. Tp kok ga bisa dibuka, yg ada cuman tampilan home screen doang! Tp kalo Ga ada cracknya cuman nampil iinsert disk (maklum belum di crack). Penyebabnya apa ya? Mohon pencerahannya! :D

  3. Asnadi on 17 August, 2013 at 2:25 am said:

    Kompi saya:
    Processor: 2.8 GHz
    RAM: 1 GB x 2 Slot = 2 GB (Visi On ama Kingston)
    VGA: NVidia GT 210
    Tp pas jalanin game Viking error, awalnya kebuka. Tp pas klik play keluar sendiri! Masalahnya apa ya gan? Pdahal game lain lancar – lancar aja tuh!

  4. kaga ada folder 0001

  5. raflie on 1 February, 2014 at 7:25 am said:

    Gan kenapa ya gw buka game roaller coaster 3 platinum tampilan monitor nya out of range? pedahal spek kompi gw udah mencukupi

    • kemungkinan driver vga yang bermasalah.
      solusi:
      1. update vga drivernya: bisa download langsung driver vga dari web resmi atau update online (open computer management > device manager > display adapters > pilih dan update driver software)
      2. atur resolusi screen resolution menjadi lebih kecil.
      3. atur resolusi video games nya.

  6. Ekha solekha on 8 March, 2014 at 3:45 am said:

    Mau tanya? #kenapa Aplikasi pada netbook saya tidak bisa dibuka & yang bisa dibuka cuma 2 tetapi tidak bisa dijalankn

  7. Ka, knpa ya, stlah sudah selesai diatur, trs komputernya di restard, tidak ada perintah untuk mengubah resolusi layar desktop.a ka…

    • wahyu on 29 March, 2014 at 7:20 am said:

      tidak muncul pada context menu atau bagaimana? untuk mengubah screen resolution banyak caranya. Pada menu graphics properties – windows search prgram “adjust screen resolution”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation