Cara Membuka Keyboard Laptop

Membuka atau melepaskan keyboard laptop bukanlah hal rumit jika Anda mengetahui tekniknya. Salah satu cara untuk mengetahi teknik membuka atau melepaskan keyboard laptop semua merek (Dell, Toshiba, Acer, Asus “keyboard tidak tertekan, keyboard menekan terusmenerus”, Lenovo, HP Hewlett-Packard, Sony VAIO “menghentikan penjualan PC Laptop karena adanya perubahan bisnis”, Axioo, MSI, SAMSUNG, Fujitsu, Gigabyte dan Xenom)  dengan membaca Manual book atau service guide yang ikut dengan file driver atau Anda dapat men-download service guide di website produk yang Anda miliki, yang umumnya ada pada menu Support website.

Kenapa diwajibkan membaca buku manual?

Pada buku manual atau service guide terdapat posisi baut pengunci keyboard dan case yang ingin dibuka. Baut pengunci keyboard laptop umumnya diperlihatkan dengan simbol angka pada manual book.

Postingan ini terkhusus bagaimana cara membuka keyboard laptop pada Sony VAIO VPCEG atau E Series. Untuk membuka keyboard tipe dan merek lainnya tidak jauh berbeda. Perbedaan ada pada baut pengunci keyboard yang letaknya terkadang berbeda. Ada di dalam casing ada juga di luar case, atau di balik case speaker yang pada umumnya ada pada laptop Acer. Untuk Keyboard Netbook NB mini umumnya ikut dengan casing atas, jadi wajib membuka casing sebelum membuka atau melepaskan keyboard.

Untuk membuka keyboard laptop cukup memiliki bahan ini:
1. Bekas kartu perdana (Buka kartu yang ada chipnya yaa….) atau ID card yang kuat dan elastis, dan sejenisnya;
2. Cutter atau benda tajam lainnya. Ini digunakan untuk menipiskan sudut dari kartu perdana agar mudah masuk ke selah keyboard dan casing laptop.

Implementasi / Penerapan:

Setelah semua bahan terpenuhi dan sudut kartu di tipiskan, terlebih dahulu membuka baut pengunci keyboard. Lihat simbol keyboard yang ada di balik case laptop atau membaca buku manual terlebih dahulu agar posisi baut pengunci di ketahui. Untuk Sony VAIO VPCEG atau E Series memiliki 2 (dua) baut pengunci. Satu ada di luar case dan yang kedua ada di balik case tempat memory (RAM). Setelah baut terbuka masukkan kartu perdana disisi keyboard dan case lalu menggeser dan mengangkatnya secara perlahan. Jika semua terangkat lanjut membuka kabel fleksibel keyboard yang ada pada slot pengunci.

Untuk slot pengunci ada beberapa jenis. Ada slot pengunci yang diangkat, digeser dan ada slot tanpa pengunci, langsung menancapkan saja.

Penting: Jangan pernah menggunakan benda tajam untuk membuka keyboard karena case dapat lecet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.