Cara memperbaikinya monitor LCD Berbayang

Memperbaikinya monitor LCD BerbayangMonitor berbayang terkadang seluruh monitor berwarna merah muda atau beberapa saat dinyalakan warna monitor berubah menjadi kebiru-biruan.

Apa penyebab kerusakan monitor LCD seperti ini?

Bagaimana cara memperbaikinya?

Apakah memang harus ganti monitor LCD baru?

Sebaiknya jangan terburu-buru untuk mengganti monitor baru Anda, ada baiknya kita analisis penyebab kesalahannya,karena bisa saja kerusakan seperti ini bukan pada Monitor.

Untuk memperbaiki kerusakan monitor LCD, penting bagi kita untuk mengetahui  secara singkat penggunaan komputer itu sendiri. Cobalah kita kumpulkan beberapa kejadian saat penggunaan komputer, seperti apa gejala awalnya? Program apa yang terakhir diinstal yang menimbulkan permasalahan tersebut? Berapa lama ketika dinyalakan seluruh  monitor berubah warna? Apakah kerusakan ini terjadi pada semua program yang dijalankan atau hanya pada beberapa program saja?.

Intinya mengetahui beberapa informasi sebagai bahan analisis awal dapat membantu memudahkan untuk memperbaiki kondisi  monitor LCD berbayang kembali menjadi normal.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam menangani kasus monitor LCD berbayang. Memperbaikinya dimulai dari hal yang paling sederhana. Dari banyak kasus kerusakan seperti yang dikatakan,ternyata masalahnya  banyak diakibatkan oleh kabel monitor yang sudah kurang baik. Masalah yang begitu sepele hanya karena kabel yang sudah tidak layak pakai terkadang membuat monitor dapat mengalami kejadian hal seperti diatas.

Periksalah kondisi kabel data monitor secara teliti, pada pin-pinnya juga pada seluruh bagian kabel,bisa dikarenakan usia kabel dan pengaruh cuaca. Pinjam kabel VGA monitor pada teman anda untuk mengecek apakah memang kasus ini pada kabelnya, ketika kabel data monitor diganti kemudian masalah dapat terselesaikan,sangat bersyukur sehingga tidak perlu ganti monitor LCD baru. Usahankan membeli kabel data monitor berkualitas baik, jangan yang KW karena kerusakan cepat berulang lagi.

Ketika permasalahan kabel tidak dapat memperbaiki kerusakan monitor, barulah kita coba lanjutkan perbaikan monitor LCD ke langkah selanjutnya. Ketika kita sedikit memahami tentang fungsi beberapa komponen komputer maka ketika ada kerusakan seperti ini pastilah secara otomatis kita akan mengarahkan perhatian pada komponen-komponen yang berhubungan erat dengan output data. Cek apakah komputer tersebut menggunakan VGA card atau VGA onboard. Pada komputer yang menggunakan VGA onboard fungsi VGA card ditangani oleh chip grafik tertentu, kemungkinan kerusakan pada chipset ini kita mengasumsikan pada pilihan terakhir karena memang biasanya kondisi chipset grafik onboard memiliki kualitas baik.

Khusus untuk Komputer dengan VGA onboard  perbaikan monitor selanjutnya akan kita fokuskan pada Memori komputer, karena kita tau bahwa komputer dengan chipset grafik onboard akan menggunakan share memori untuk menjalankan fungsi grafik tersebut. Tergantung dari berapa besar sharing memori yang ditentukan oleh bawaan chipset tersebut. Cabut Saja memori dari slotnya perhatikan letak awal pada posisi slot memori, bersihkan pin-pin memori menggunakan penghapus pensil setelah bersih pasang kembali memorinya, bisa anda pindahkan ke slot ke dau jika tadinya menggunakan slot pertama. ketika kita menggunakan satu keping memori maka coba rubah pemasangan pada slot memorinya, atau ketika kita menggunakan dua pasang memori rubah posisi awal dari kedua memori secara bergantian, atau gunakan terlebih dahulu satu keping memori saja. Untuk melakukan pengecekan memori idealnya memang kita harus memiliki cadangan memori atau pinjam lagi saja milik teman untuk melakukan pengecekan.Perlu diingat juga posisi memori sangat berpengaruh ketika kita menggunakan jenis onboard VGA,untuk lebih memaksimalkan kerja komputer ada baiknya kita menambahkan kapasitas memori agar ketika memori dishare untuk Vga masih terdapat banyak cadangan memori.

Apakah langkah perbaikan monitor diatas sudah dapat menyelesaikan masalahnya, jika memang belum cobalah cek VGA card nya jika memang komputer ini memiliki VGA card. Cabut VGA card perhatikan secara teliti pada masing-masing komponen elektroniknya apakah kondisinya masih dalam keadaan baik, biasanya ketika pada beberapa komponen elektronik rusak seperti terbakar, kondisi ini dapat terlihat jelas artinya kita harus mengganti komponen elektronik tersebut. Ketika kondisi masih terlihat cukup baik lakukan saja langkah pembersihan seperti pada saat melakukan pembersihan pada memori.

VGA card sangat berkaitan erat dengan masalah gangguan pada monitor pastikan fungsi VGA card masih dapat berfungsi dengan baik, dari pengalaman diatas anda tau kemana harus meminjam VGA card untuk melakukan pengecekan.Biasanya dari ketiga langkah diatas sudah dapat menyelesaikan masalah, melakukan perbaikan monitor dengan langkah-langkah sederhana dapat dijadikan alternatif awal sebelum kita memutuskan untuk mengganti monitor.

3 thoughts on “Cara memperbaikinya monitor LCD Berbayang”

  1. Gan .. kalau masalah ini terjadi pada notebook … apa kabel Vga (pada layar) nya yang kejepit yah ??? atau perlu ganti kabel ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.