Error code 0xc0000001 saat penginstalan windows 8

error kode 0xc0000001 instalasi windows 8Kesalahan kode 0xc0000001 saat penginstalan windows 8 pro pada acer Aspire v5-431 notebook atau laptop mengejutkan saya karena baru kali ini menemukan permasalahan error kode 0xc0000001 pada komputer saat penginstalan.

Masalah error 0xc0000001 muncul setelah komputer reboot akhir dari penginstalan, saya tahu bahwa ini adalah Blue Screen of Death (BSOD) yang menerangkan text kesalahan IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL pada layar.

Saya menggunakan waktu 4-5 jam untuk mencari dan menganalisis kesalahan kode 0xc0000001 pada notebook Aspire v5-431-887B2G50Mass punya teman saya. Saya bermain pada forum Windows 8 dan juga membaca artikel pada forum acer,ya itu cukup untuk menyelesaikan BSOD yang saya temui.

Dalam forum acer saya banyak menemui postingan bahwa kita disarankan untuk menggunakan windows 8 original tapi itu tidak masuk akal karena saya berpikir windows 8 yang saya gunakan telah beberapa kali sukses saat melakukan penginstalan, tapi itu wajar kalau mereka menyarankan kita untuk menggunakan windows original. Dan akhirnya saya mendapatkan solusinya yaitu kesalahan pada AHCI dan wi-fi driver.

Ok. Saya lanjutkan pada inti masalah dan cara menyelesaikan Error code 0xc0000001 yang dikenal dengan Blue Screen of Death.

1. Pada root windwos 8 atau usb flashdisk yang digunakan untuk penginstalan buat folder dengan nama “drivers”, ingat drivers bukan driver tanpa akhiran s.

2. Copy file driver dengan extensi *.cab, *.inf dan *.sys dan simpan dalam folder drivers. Jika kamu tidak memiliki driver AHCI dan wi-fi silakan download dan ikuti link ini http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers

Ingat juga yang Anda perlu downlaod adalah:

Wireless LAN Atheros Wireless LAN Driver 10.0.0.217 224.1 MB
AHCI Intel SATA AHCI Driver 11.5.0.1207 47.6 MB

*.cat  – digital signature or security descriptor
*.inf   – installation instructions
*.sys  – driver itself

Ket: * =nama files itu sendiri

Lihat list isi files pada folder drivers

list files driver AHCI dan wi-fi Atheros

3. Buka Notepad dan salin text ini:

<?xml version=”1.0″ encoding=”utf-8″?>
<unattend xmlns=”urn:schemas-microsoft-com:unattend”>
<settings pass=”windowsPE”>
<component name=”Microsoft-Windows-Setup” processorArchitecture=”x86″ publicKeyToken=”31bf3856ad364e35″ language=”neutral” versionScope=”nonSxS” xmlns:wcm=”http://schemas.microsoft.com/WMIConfig/2002/State” xmlns:xsi=”http://www.w3.org/2001/XMLSchema-instance”>
<DiskConfiguration>
<WillShowUI>Always</WillShowUI>
</DiskConfiguration>
<UserData>
<ProductKey>
<WillShowUI>Always</WillShowUI>
</ProductKey>
</UserData>
<UseConfigurationSet>true</UseConfigurationSet>
</component>
<component name=”Microsoft-Windows-PnpCustomizationsWinPE” processorArchitecture=”x86″ publicKeyToken=”31bf3856ad364e35″ language=”neutral” versionScope=”nonSxS” xmlns:wcm=”http://schemas.microsoft.com/WMIConfig/2002/State” xmlns:xsi=”http://www.w3.org/2001/XMLSchema-instance”>
<DriverPaths>
<PathAndCredentials wcm:action=”add” wcm:keyValue=”1″>
<Path>%configsetroot%drivers\</Path>
</PathAndCredentials>
</DriverPaths>
</component>
</settings>
<cpi:offlineImage cpi:source=”” xmlns:cpi=”urn:schemas-microsoft-com:cpi” />
</unattend>

Lihat pada baris ke 4 dan 17 disitu ditulis “x86” yang artinya jika kita menggunakan windows 8 32bit, jika kamu menggunakan windwos 8 64bit anda bisa gantikan dengan “amd64”. Jika ingin lebih jelas lihat disini: http://technet.microsoft.com/en-us/library/cc748846%28v=ws.10%29.aspx

4. Simpan dengan nama autounattend.xml pada media USB installation.

Lihat seperti gambar inimenempatkan autounattend.xml pada root instalasi windows 8Tinggalkan komentar Anda jika ada yang perlu diketahui lebih jauh! atau ada permasalahan lain pada komputer Anda.

Download file drivers dan file *.xmldownload icon gif

92 thoughts on “Error code 0xc0000001 saat penginstalan windows 8”

  1. banyak file berekstensi cat inf dan sys di zip yang di download tu,, sulit nentuin yang mana yang di copy ke folder driversnya.. mohon bantuan gan

    1. Jika Anda menggunakan notebook acer Aspire v5-431 dan mendownload file zip driver dari situs resmi acer dengan sistem operasi windows8 32bit, carilah nama yang sama pada Wireless LAN_Atheros_10.0.0.217_W8x86U_A.zip \ Wifi_DriverOnly.zip file extensi *.cab, *.inf dan *.sys berada disitu.

      Untuk driver AHCI: AHCI_Intel_11.5.0.1207_W8x64UW8x86U_A.zip \ Intel Rapid Storage Technology\IATA_ALL.zip\Drivers\AHCI\x32 copy semua file berextensi .cab,.inf dan .sys. dalam folder AHCI juga memiliki driver untuk 64bit dengan nm folder x64 itu berlaku jika anda menggunakan windows8 64bit.

      Coba perhatikan list file yang ada pada gambar kedua pada postingan ini. Itulah yang sy lakukan. semoga berhasil.

      1. gan…
        pas ane cari di situs yg agan kasih

        tipe driver tuk aspire v5_431 kok kgak ade gan…
        gimane tu gan ??
        mohon bantuanya gan
        yg dari agan drivernya kagak ade yg
        eksistensi *inf

        tolong ya gan bantuanye…

  2. bisa minta tolong di upload saja gan file “autounattend.xml ” ? trus kita tinggal download… ane masih bingung juga nih milih file drivernya

    1. apa versi acer laptop kamu? kemungkinan salah menyalin file .cab, .inf dan .sys. Coba anda lakukan penyalinan semua driver file dengan extensi .cab, .inf dan .sys di folder “drivers” yang telah dibuat!

  3. AHCI dan wi-fi driver. downloadnya dimana dan apa harus sesuai dengan type laptop atau ada drivers yang all buat problem waktu instal di
    laptop accer

  4. kenapa ya punya saya g bisa,nginstall nya pke FD,pas booting k FD keteranngannya missing operation system,apa yang salah y?

    1. missing OS terjadi karena, sistem operasi tidak terdeteksi di perangkat apapun (hardisk,fd,cd, atau perangat lainnya).
      Solusi:
      – Pastikan boot pertama pada flasdisk (tekan f9 untuk pemilihn boot jka pengaturan bios mendukung)
      – Pastikan bootable windows tidak rusak. Jika km tdk yakin, lakukan pembuatan ulang bootable pada fd.
      – Jika masih gagal coba ganti dengan flasdsk yang lain!

      Ket: Setelah berhasil boot flsdisk dan perangkat menyalin file windows ke hardisk dan melakukan restart, silahkan cabut flasdisk!

  5. Ternyata sy tdk berhasil gan. BSOD tetap hadir. Laptop teman sy yg diinstall.
    Padahal setipe, Acer Aspire v5-431-887B2G50Mass

    Mohon pencerahan… 🙂

    1. semestinya berhasil jika kamu melakukan hal yang sama dalam artikel ini. Coba perhatikan setiap file drivers dan kode autounattend.xml yang anda copy at download.

      #Saya telah banyak melakukan pengistalan windows 8 pada laptop Acer Aspire v5-431 dan semuanya berhasil.

  6. top sukses 100% …gan klo udh berhasil instal win8 dng tambahan driver ahci n wifi di fd apakah kita bisa pake di lepi lain?, atau tanpa kita buang driver tambhan kita masih bisa pke instal d pc?
    sblmnya thank pisannnnnn!!!

  7. sbelumx terima kasih dh posting artikel ni gan,,, tapi sya mau naxa sya puxa win 8 16 AIO,,sbelumnya sya install laptop lain lancar2 aja,,, tapiii pas instal laptop acer V5-431, error dia gan sama dh code errorx sama yang di atas,,, and sya coba fix pake carax agan tapi blom berhasilll

  8. Terima kasih mas, atas pencerahannya . sangat bermanfaat banget.. akhirnya laptop temen bisa di kasih windows 8 juga..

    Jangan berhenti berbagi dalam kebaikan.. semoga sukses 🙂

  9. bang, ini semua drivernya di donlot apa cuman AHCI sama Wireless LAN doang. .?
    soalnya saya bingung, cepet bales ya bang. .

    1. jika kamu masih tetap menggunakan windows 7, silahkan melakukan update driver wifi, dll. jika semuanya sukses terupdate, barulah melakukan penginstalan windows 8

    1. folder dengan nama “driver” dibuat didalam flasdisk. ingat ini hanya berlaku jika anda mengistal sistem operasi windows 8 menggunakan flasdisk (bootable flasdisk). silahkan search pada mesin pencari jika anda belum mengetahui cara mengistal menggunakan flasdisk. Jika anda menggunakan dvd installer atau boot menggunakan dvd driver, sebaiknya sebelum mengistall windows 8, anda terlebih dahulu update semua driver laptop yang anda gunakan. Cara update driver melalui windows 7: klik button start> ketik “device manager” pda kotak search programs and file> pilih divece manager, setelah form divece manager aktif pilih hardware yang anda ingin update> contoh yang ingin diupdate yaitu display adapters. klik display adapter dan pilih intel HD atau nvidia> klik kanan dan pilih “update driver software” > update automatically for …..

  10. saya pake gigabyte q2432, setelah saya install win 8 sempat muncul masalah pada grafis amd radeon yg tidak terdetect, setelah masalah selesai, timbul yg lain yaitu usb hub root tidak bisa dipakai krn windows cannot load the drivers required code 31. Padahal sdh diinstall driver yg up date

    Tulisan yg ada di usb root hub properties pada tab events
    Device configured (oem9.inf)
    Device not started (asmthub3)

    Alhasil dr 3 colokan usb, cuman 1 yg bisa dipakai, mohon saran.
    Terima kasih

  11. boz, sy juga ada masalah seperti diatas acer V5-431. install win8 pake dvd. hasilnya BCOD. akhirnya saat sy coba install win7, sukses. tapi masalahnya setelah di aktifasi menggunakan win7 aktifator setelah restart laptop tidak mau masuk ke win7. munculnya booting berulang2 terus menerus.
    mhn bantuannya.. terimakasih.

    1. ketika pas dinyalakan laptopnya segera pencet tombol ESC abis itu pilih yang tulisan belakangnya without loader…..nanti kalo sudah masuk windows baru dipasang loader baru

      soal loader cari di simbah ajah

  12. saya sekarang lagi pake windows 7, dari comment yang di atas kalo pake windows 7 update dulu drivernya . ok setelah di update berarti install windows 8 nya di “upgrade” kan ?
    kalo saya “custom install” boot lewat cd/fd trus format partisi, kan driver nya hilang ?
    jadi kalo saya pake windows 7 mau install windows 8 pake yang “upgrade” apa “custom install” ?
    dan bisa gak kalo di Windows 8.1 ?

    1. ya, downloADKAN DRIVER dengan seri yang sama. dan cari file extensi *.cab, *.inf dan *.sys, setelah itu dalin file tersebut ke folder “drivers”

    1. jika anda tidak menemukan product key yang cocok dari file windows 8 yang anda gunakan, cobalah mencari file master windows 8 yang baru. pastikan produk key cocok dengan sistem windows yang anda gunakan untuk install!

  13. terima kasih banyak mas nya…. terima kasih…
    4 jam saya ngutak ngatik nih laptop akhirnya udah bisa dengan cara mas nya..
    terima kasih mas…

  14. THANKS BRO! IT’S WORK!!!
    awalny ane smpat panik kok tiba2 muncul bluskrin pdhl biasa ny gak kyk gitu.
    tp berkat ente smuanya jd lancar jaya.
    Good Job!

  15. This content is very informative but it took me a long time to find it in google.
    I found it on 16 spot, you should focus on quality backlinks building, it will
    help you to increase traffic. And i know how to help you,
    just type in google – k2 seo tips and tricks

  16. tetap ngk bisa gan,, udah ane pake cara agan.. pas selesai instal 100%, minta instal ulang lagi gan..
    kira2 apa msalahnya gan..

    mohon pencerahanya..
    thanks b4..

    1. karena default bios pembacaan pertama pada flasdisk, maka setelah reboot (proses install) atur kembali pembacaan ke hardisk. atau lepaskan flasdik setelah reboot..

  17. sy juga mengalami Masalah yang sama, yaitu Error code 0xc0000001 saat penginstalan windows 8 . Tapi saya pake Toshiba L735. apakah cara pemecahan masalahnya sama??????? tolong bantuannya gan.

      1. bisa juga dengan solusi, terlebih dahulu menggunakan windows 7 dan menginstall semua driver. Saya sarankan update semua drivernya.
        lalu lakukan penginstalan windows 8.1 dengan opsi upgrade.

    1. Ya, ganti drivernya dengan driver Toshiba L735 anda. ingat hanya file driver dengan extensi *.cab, *.inf dan *.sys yang disalin ke folder drivers, bukan file berextensi .exe

  18. kejadian diatas, percis yang saya hadapi sekarang ini di Komputer saya HP Touchsmart iq518d, dan sekarang komputer dapat berjalan dengan Windows XP SP3 tetapi tidak normal hanya berjalan dengan safemode dan networking, di Bios saya ubah dari AHCI ke IDE
    Dasar instalan pabrik windows Vista 64 bit, saya mau coba petunjuk anda dan hasil akan saya kabari lagi, terima kasih.

    1. Terima kasih telah berbagi informasi. Semoga masalah error code 0xc0000001 pada HP Touchsmart IQ518D Anda dapat terpecahkan.

  19. min… masalah ini bisa di praktekkan di seri laptop lain gak?? ane punya masalah yang sama, laptop ane asus x452c
    mohon pencerahannya min

    1. Saya tidak pernah menemukan masalah install windows untuk asus tipe ini.
      Coba aja gan, download driver asus di url ini “www.asus.com/id/support/”

      Partisipasi dengan penc*t gambar yang ada pada sisi kanan sangat kami hargai!
      Salam, webpcmag.

Leave a Reply

Your email address will not be published.